Animasi

Kamis, 16 Mei 2019

Cerpen

Wirausaha
Yola adalah mahasiswi lulusan pertanian yang memilih berwirausaha daripada bekerja kantoran. Uniknya, yang dia jual adalah produk olahannya sendiri yang dia racik dari penelitian yang dia lakukan di kampus. Produk yang ia jual adalah sambal dengan campuran rumput laut yang ekonomis dan sehat.
Awalnya dia memasarkan di kalangan teman kuliahnya sampai dosen dan staf kampus. Hasil risetnya masuk dalam kategori produk riset terbaik tahun 2017. Selain hargannya yang relatif terjangkau sesuai dengan kantong mahasiswa, produknya juga menyehatkan.
“Yol, apa sih yang membuatmu lebih suka berwirausaha? Padahal kamu termasuk mahasiswa berprestasi loh, bisa masuk perusahaan manapun dengan mudah bahkan tanpa tes. Apalagi produk sambalmu itu kamu jual dengan harga terjangkau, bagaimana kamu bisa meraih keuntungan?” Tanya salah satu temannya penasaran.
“Iya memang, aku bisa saja menjual produkku ini dengan harga tinggi jika aku mau. Pasti juga laku. Apalagi bagi orang yang paham kesehatan. Aku juga bisa saja bekerja di perusahaan bonafit dengan gaji tinggi, bisa saja, tapi mohon maaf teman, aku kuliah tinggi- tinggi bukan untuk uang atau balik modal dari seluruh biaya yang aku keluarkan. Aku bahagia jika pekerjaanku bisa bermanfaat untuk orang lain baik dari segi biaya dan kesehatan mereka.” Jelas Yola.
Mendengar penjelasan Yola, temannya langsung terdiam.

0 komentar:

Posting Komentar