Animasi

Kamis, 22 November 2018

Materi perencanaan bisnis

Pengertian perencanaan bisnis

Pengertian perencanaan bisnis atau business plan adalah pernyataan tertulis yang dapat menggambarkan bisnis, produk atau layanan anda di masa depan.
Rencana bisnis ini biasanya dibuat oleh pebisnis pada proses awal bisnis di mulai. Atau juga dapat dibuat ketika bisnis sudah berjalan yang bertujuan untuk mengubah arah strategi.
Pengertian perencanaan bisnis juga dapat di definisikan sebagai dokumen yang merangkum tujuan operasional dan keuangan bisnis.
Rencana bisnis ini biasanya berisi tentang rencana detail dan anggaran yang menunjukan bagaimana tujuan bisnis dapat di wujudkan.
Biasanya sebagian perusahaan membuat rencana bisnis mencakup tiga sampai lima tahun.
Perencanaan bisnis ini merupakan langkah pertama yang penting bagi bisnis dan juga peta sukses bagi siapapun yang ini memulai bisnis.
Dengan adanya penulisan rencana bisnis juga dapa membantu pengusaha untuk menganalisa kelemahan konsep, kesalahan persepsi pasar, dan juga hal-hal spesifik lainnya yang dapat menyebabkan tujuan bisnis tidak tercapai.

Manfaat Perencanaan bisnis

manfaat perencanaan bisnis
Manfaat perencanaan bisnis adalah memberikan informasi yang dibutuhkan sebanyak mungkin kepada pemilik bisnis atau pimpinan perusahaan untuk mencapai tujuan.
Rencana bisnis dapat di bagi menjadi tiga bagian utama yaitu :
Konsep bisnis
Pada bagian ini terdiri dari struktur bisnis, produk atau servis dan perencanaan yang membuat bisnis anda menjadi sukses.
Bagian pasar
Bagian ini menggambarkan dan menganalisa tentang pelanggan potensial.
Anda harus menganalisa siapa, dimana dan juga apa saja yang membuat pelanggan anda menjadi membeli.
Anda juga harus menggambarkan kompetitor serta bagaimana cara untuk mengalahkannya.
Bagian keuangan
Pada bagian ini berisi tentang laporan pendapatan dan arus kas, neraca dan rasio keuangan lainnya.
Bagian rencana bisnis ini biasanya memerlukan bantuan akuntan atau juga perangkat lunak spreadsheet yang baik.
Rencana bisnis ini dapat membantu pemiliki bisnis diantaranya mencari :
  • Jumlah pendanaan yang dibutukan untuk memulai bisnis
  • Fasilitas atau peralatan yang diperlukan untuk menjalankan bisnis
  • Menentukan lokasi atau tempat usaha yang tepat
  • Menentukan jumlah karyawan yang dibutuhkan
  • Memahami kompetisi yang ada
  • Mengetahui keunggulan perusahaan dengan kompetitor sehingga dapat memanfaatkannya.
Dengan perencanaan bisnis yang tepat dan teliti serta dapat menginformasikan semua hal yang harus dilakukan.
Maka hal ini dapat membantu perkembangan bisnis.

Komponen perencanaan bisnis

materi perencanaan bisnis
Apa saja komponen yang termasuk dalam rencana bisnis ?
Apapun penggunaannya, komponen rencana standar meliputi:
  • • Ringkasan bisnis plan
    • Deskripsi bisnis
    • Deskripsi produk atau layanan
    • Pernyataan misi
    • Kepemimpinan
    • Analisis Pasar
    • Analisis SWOT (kekuatan, kelemahan, peluang, kekuatan)
    • Rencana pemasaran
    • Proyeksi keuangan
    • Analisis arus kas
    • Staffing
    • Operasi

4 jenis business plan

contoh perencanaan bisnis
Rencana bisnis dapat dibagi menjadi empat jenis yang berbeda.
Ada rencana yang pendek atau miniplan, rencana kerja, rencana persentasi dan rencana elektronik.
Semua jenis rencana kerja ini membutuhkan jumlah kerja yang berbeda dan tidak selalu dengan hasil yang berbeda.
Hal ini berarti bahwa rencana yang rumit tidak menjadi menjamin berhasil di bandingkan dengan rencana yang sederhana.
Miniplan
Sebuah miniplan dapt terdiri dari satu hingga 10 halaman dan harus terkadung perhatian tentang hal penting seperti konsep bisnis, kebutuhan biaya, rencana pemasaran serta laporan keuangan.
Cara ini merupakan cara yang bagus untuk menguji konsept bisnis dengan cepta dan mengukur minat mitra atau investor.
Miniplan juga dapat berfungsi sebagai pondasi utama untuk menyusun rencana jangka panjang nantinya.
Rencana kerja
Rencana kerja merupakan alat yang dipergunakan untuk menjalankan bisnis anda.
Oleh sebab itu rencana ini harus panjang dan detail namun minim presentasi.
Dengan rencana kerja maka anda dapat meningkatkan keterbukaan dan informalitas yang lebih tinggi.
Suatu rencana kerja yang ketat yang ditujuakan untuk ruang internal mungkin dapat menghilangkan beberapa komponen penting yang ditujukan untuk sesorang diluar perusahaan.
Anda mungkin tidak memasukkan resume para eksekutif kunci misalkan saja rencana kerja.
Rencana presentasi
Jika anda ingin membuat rencana bisnis dengan tekanan yang rendah pada impresi dan dapat menarik perhatian pada tampilannya.
Maka rencana presentasi sangat cocok untuk dilakukan. Rencana ini cocok untuk ditujukan pada Investor, Bankir atau pihak lain diluar perusahaan.
Hampir seluruh informasi dalam rencana presentasi akan sama dengan rencana kerja walaupun di susun berbeda.
Rencana presentasi ini biasanya tidak digunakan sebagai pegingat tapi hanya digunakan sebagai pengantar saja.
Rencana elektronik
Hampir seluruh rencana bisnis di buat di komputer atau sejenisnya kemudian dicetak atau di sajikan dalam bentuk hard copy.
Namun saat ini tidak menutup kemungkinan seluruh informasi bisnis tersebut dapat dikirim secara elektronik.
Rencana elektronik ini dapat bermanfaat untuk presentasi kepada banyak orang melalui proyektor.

Kesimpulan

Ketika anda memulai usaha maka langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menemukan rencana bisnis yang tepat.
Rencana bisnis memiliki tujuan seperti menghasilkan keuntungan atau mengumpulkan uang.
Rencana bisnis setiap usaha tidaklah sama tergantung pada bisnis anda dan tujuannya.
Terkadang anda membutuhkan rencana yang berbeda dengan pebisnis lainnya.
Pentingnya rencana bisnis bagi bisnis anda diantaranya adalah perencanaan ini memiliki pengaruh yang besar terhadap keseluruhan jalannya dan perkembangan usaha anda.
Demikianlah Pengertian perencanan bisnis (Business Plan), tujuan dan jenisnya bagi perkembangan bisnis.

0 komentar:

Posting Komentar